Manfaat antioksidan terhadap tubuh kita

Posted by Artikel Pendidikan on 07/07/11

Apa yang dimaksud dengan antioksidan? Antioksidan merupakan sekelompok substansi yang dapat membantu sel-sel tubuh dalam mengatasi kerusakan. Tubuh kita sendiri sebetulnya sudah memproduksi antioksidan alamiah, namun agar lebih optimal lagi kita juga harus mengambil manfaat antioksidan yang terkandung dalam berbagai sumber diluar tubuh kita. Antioksidan bekerja untuk menstabilkan kelebihan radikal bebas dalam tubuh. Tanpa antioksidan yang cukup, reaksi negatif yang disebabkan oleh radikal bebas dapat merusak atau menghancurkan seluruh sel tubuh anda. Meskipun belum ada penelitian lanjutan, namun radikal bebas diyakini dapat memicu berbagai macam penyakit pada saat anda menginjak usia tertentu.

Yang dimaksud dengan radikal bebas adalah hasil dari proses oksidasi alami di dalam tubuh. Dalam jumlah normal, radikal bebas tidak terlalu memiliki efek negatif bagi tubuh, bahkan berguna untuk membakar kalori. Tapi jika jumlah radikal bebas lebih banyak daripada antioksidan alamiah, maka saat itulah tubuh memerlukan tambahan antioksidan dari luar yaitu dari makanan dan minuman tertentu, atau dari suplemen. Kelebihan kadar radikal bebas itu sendiri bersumber dari hal-hal yang kita temukan dalam aktivitas kita sehari-hari, mulai dari pakaian yang kita kenakan, beberapa jenis logam tertentu (seperti besi), asap rokok, polusi udara, obat-obat tertentu, racun, highly processed foods dan bahan tambahan makanan, paparan sinar ultraviolet, serta radiasi.

Apa manfaat antioksidan terhadap tubuh kita? Berubahnya minyak menjadi tengik dan berubahnya warna coklat pada apel setelah dikupas adalah contoh proses oksidasi. Kedua hal tersebut dapat dicegah dengan pemberian antioksidan. Pencoklatan pada apel setelah dikupas atau pada just apel terjadi karena senyawa polifenol teroksidasi, bentuk polifenol teroksidasi ini nantinya dapat bergabung satu sama lain membentuk senyawa makromolekul berwarna coklat, dimana senyawa makromolekul ini nantinya bisa membuat jus apel menjadi keruh. Hal ini tentu saja tidak diinginkan di industri sebab akan mengurangi nilai estetika sebuah produk. Uraian diatas adalah contoh manfaat antioksidan bagi industri.

Lalu apa manfaat antioksidan bagi tubuh kita? Tubuh kita terdiri dari triliunan sel. Disetiap sel terjadi reaksi metabolisme yang sangat kompleks. Diantara reaksi metabolisme tersebut melibatkan oksigen, seperti yang kita ketahui oksigen adalah unsur yang sangat reaktif. Keterlibatan oksigen dalam reaksi metabolisme di dalam sel dapat menghasilkan apa yang disebut sebagai “reaktif spesies oksigen” seperti H2O2, radikal bebas hydroksil (·OH), dan anion superoksida ( O2-).

Molekul-molekul ini memang diperlukan tubuh misalnya untuk menjalankan sistem metabolisme dan memberi signal pada sistem syaraf akan tetapi apabila jumlahnya berlebihan seperti pengaruh gaya hidup (merokok, stress, konsumsi obat, polusi lingkungan, pengaruh zat kimia tertentu pada tubuh, radiasi, dll) maka dapat merusak sel dengan cara memulai reaksi berantai lipid, mengoksidasi DNA dan protein. Oksidasi DNA berakibat adanya mutasi dan timbulnya kanker sedangkan oksidasi protein mengakibatkan nonaktifnya enzim yang dapat menghambat proses metabolisme. Disinilah pentinganya kita engkonsumsi antioksidan.


Apa saja sumber-sumber antioksidan? Disamping sebagai sumber nutrisi, beberapa vitamin juga memiliki kandungan antioksidan, seperti vitamin A-Carotene, vitamin C dan vitamin E. Selain vitamin-vitamin tersebut, ada beberapa jenis antioksidan yang dihasilkan oleh tanaman. Berikut ini adalah diantaranya :
  • Polyphenols, merupakan bagian tak terpisahkan dari kebanyakan tanaman. Kelompok polyphenols yang dikenal sebagai flavonoid memiliki manfaat antioksidan yang paling efektif.
  • Carotenoids menghasilkan warna merah, kuning dan jingga pada tanaman. Termasuk dalam Carotenoid adalah A-carotene, lycopene dan lutein.
Lantas, dimana saja kita bisa memperoleh antioksidan seperti yang telah dijelaskan diatas? Vitamin E bisa diperoleh dengan mengkonsumsi minyak sayur, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, daging merah, daging unggas dan ikan. Sedangkan vitamin C, selain terkandung dalam berbagai buah-buahan (khususnya macam-macam jeruk dan beri), juga bisa ditemukan pada sayuran, terutama jika dikonsumsi mentah atau dimasak sebentar. Dan untuk mendapatkan manfaat dari A-carotene serta carotenoids lainnya, yang patut dikonsumsi adalah sayuran berwarna kuning, jingga dan hijau tua seperti labu, wortel dan bayam. Terakhir, Polyphenols (khususnya flavonoids) dapat dengan mudah anda peroleh dari teh, kakao serta anggur merah.

Sumber lain kandungan antioksidan yang tinggi adalah manggis yang dikemas dalam bentuk jus manggis xamthone plus. Sebuah penelitian di Singapura menunjukan bahwa sifat antioksidan pada buah manggis jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan antioksidan pada rambutan dan durian. Xanthone tidak ditemui pada buah-buahan lainnya kecuali pada buah manggis, karena itu manggis di dunia diberikan julukan “Queen of Fruit” atau si ratu buah. Dari berbagai penelitian kandungan xanthone dan derivatnya efektif melawan kanker payudara secara in-vitro, dan obat penyakit jantung. Kasiat garcinone E (devirat xanthone) ini jauh lebih efektif untuk menghambat kanker bila dibandingkan dengan obat kanker seperti flaraucil, cisplatin, vincristin, metohotrexete, dan mitoxiantrone. Untuk manfaat dari xamthone plus secara detail silahkan klik agen xamthone plus


Blog, Updated at: 06.38

1 komentar:

armouris mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Pengikut

Artikel terpopuler


DMCA.com Protection Status