Makanan yang mengandung Vitamin B

Posted by Artikel Pendidikan on 14/12/15

BlogHipniRohman - Tahukah anda bahwa pada dasarnya kebutuhan manusia tidak lepas dari vitamin, entah itu vitamin A, vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, dan juga jenis vitamin lainnya. Vitamin B menjadi salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, vitamin B merupakan delapan vitamin yang larut dalam air dan mempunyai peranan penting dalam metabolisme sel. Pada awalnya vitamin jenis ini hanya dikenal satu tipe saja yaitu Vitamin B, akan tetapi beberapa hasil penelitian meunjukan komposisi kimia di dalam Vitamin B ternyata berbeda-beda, biasanya suplemen yang mengandung ke delapan tipe vitamin B ini disebut dengan Vitamin B Kompleks diantaranya adalah Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin B7, Vitamin B9 dan Vitamin B12. Pada dasarnya makanan yang mengandung Vitamin B kompleks cukup banyak diantaranya adalah bersumber dari buah-buahan, sayur-sayuran, dan daging serat olahan hewan. 
Buah-buahan yang mengandung vitamin B tinggi seperti buah melon, buah melon atau Cucumis melo L merupakan salah satu buah yang termasuk ke dalam suku labu-labuan, dalam satu potong buah melon terdapat vitamin B1, B2 dan vitamin B6. Selain buah melon, Vitamin B juga terdapat pada buah apel, buah apel pertama kali di tanam di Asia Tengah akan tetapi sekarang sudah berkembang hampir ke berbagai pelosok. Buah apel biasanya dikonsumsi masyarakat untuk melakukan diet, dalam satu buah apel terkandung yaitu Vitamin B1, Vitamin B2 dan Vitamin B6. Selain itu Vitamin B juga terdapat pada buah pisang, buah kurma dan juga buah jeruk bali, buah anggur, buah mangga dan vitamin B juga terdapat pada buah alpukat.
Selain buah-buahan Vitamin B juga teradapa pada sayur-sayuran seperti Bayam, dalam 100gram bayam mengandung vitamin B1 sekitar 0,08 mcg. Selain itu bayam memiliki manfaat lainnya seperti anti-inflamasi, dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat lainnya dari bayam yaitu dapat untuk mencegah terjadinya osteoporosis dan diabetes. Selain bayam sayuran yang mengandung vitamin B lainnya adalah Brokoli, Brokoli merupakan sayuran yang unik dengan bentuk daun seperti jamur yang berpangkal pada batang, bentuk pohonnya kecil akan tetapi kaya akan gizi. Dalam 100gram brokoli terdapat vitamin B1 sekitar 10 mcg. Selain kandungan Vitamin B, brokoli juga bisa bermanfaat untuk melawan berbagai jenis kanker. 
Selain pada bayam dan brokoli, vitamin B juga terdapat pada jenis sayuran wortel, dalam 100gram wortel terkandung vitamin B1 sekitar 0,04 mcg. Pada dasarnya wortel banyak sekali mengandung manfaat bagi kesehatan. Wortel banyak mengandung beta karoten yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, selain itu wortel juga bermanfaat untuk mengatasi darah tinggi atau hipertensi, wortel juga dapat digunakan untuk mengatasi demam yang menyerang anak, kemudian untuk mempercepat penyembuhan luka bakar, sampai dengan untuk mengatasi nyeri saat haid.
Nah, itulah beberapa makanan yang mengandung vitamin B, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, baca juga artikel lainnya tentang macam-macam vitamin dan manfaatnya bagi tubuh, jaga terus asupan vitamin anda, agar kesehatan anda selalu terjaga. Terima kasih

Blog, Updated at: 03.46

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru