Kanker Serviks ; gejala dan penyebab

Posted by Artikel Pendidikan on 15/12/15

HipniRohman - Apakah anda tahu tentang kanker serviks? Kanker serviks atau disebut juga dengan penyakit kanker leher lahir merupakan salah satu penyakit kanker yang cukup berbahaya dan ditakuti oleh kaum wanita. Kanker serviks ini penyakit yang muncul pada leher rahim wanita, penyakit kanker serviks ini umumnya menyerang wanita pada usia 30 sd 45 th dan jarang sekali terjadi pada wanita yang berusia di bawah 25th. Berdasarkan pada data yang diambil sekitar tahun 2008, kanker serviks menduduki peringkat pertama insidensi kanker di Indonesia. Sekitar 99% penyebab utama dari kanker serviks ini adalah virus human papilloma virus (HPV) onkogenik yang menyerang leher rahim, wanita yang terserang kanker serviks ini dipicu dengan kebiasaan merokok.
Umumnya kanker serviks pada stadium awal tidak menunjukan gejala-gejala yang khas, akan tetapi pada stadium lanjut wanita yang mengidap kanker serviks mengalami pendarahan pada alat kelaminnya yang terjadi biasanya setelah melakukan hubungan badan dengan suaminya diluar masa menstruasi, gejala lainnya mengalami keputihan yang abnormal, pada masa monopouse mengalami pendarahan, serta mengeluarkan cairan yang kekuning-kuningan dan berbau dan bercampur dengan darah, akan tetapi gejala tersebut tidak mutlak menjadi tanda menderita penyakit kanker serviks pada wanita, untuk itu apabila anda mengalami hal-hal di atas lebih baiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter.
Sekitar 70% penyebab utama dari penyakit kanker serviks ini adalah Human papilloma virus kasus penderita kanker serviks di dunia. Pada dasarnya perjalanan dari terinfeksi HPV hingga menjadi penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim akan memakan waktu yang cukup lama, biasanya yaitu sekitar 10th hingga 20th. Akan tetapi proses penginfeksian HPV ini sering tidak disadari oleh para wanita pada umumnya, hal ini dikarenakan proses HPV sampai dengan menjadi pra kanker berlangsung tanpa menimbulkan gejala yang khas. Selain itu kebiasaan buruk seseorang seperti merokok terutama wanita, Jadi apabila Anda pecandu rokok harus waspada karena Anda berpotensi mengalami penyakit kanker serviks, karena penyakit kanker serviks berbeda dengan jenis penyakit kanker lainnya, faktor genetik atau disebut juga sebagai keturunan tidak terlalu berperan dalam penyakit ini, sehingga pola hidup sehat sangat berperan dalam menjaga anda terhindar dari kanker serviks ini.
 

Cara Pencegahan Kanker Serviks

Setelah kita mengetahui beberapa gejala dan penyebab dari kanker serviks, alangkah baiknya kita bisa melakukan pencegahan sejak dini untuk menghindari dari penyakit yang berbahaya ini yaitu kanker serviks ini. Langkah mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan selalu melakukan pola hidup sehat konsumsilah makanan yang bisa memenuhi asupan gizi dan nutrisi harian tubuh. Selain itu juga jagalah selalu kebersihan lingkungan dan juga kebersihan tubuh Anda, terutama pada area kewanitaan Anda. Langkah pencegahan lainnya adalah dengan menghindari kebiasaan kurang baik bagi kesehatan Anda seperti merokok, karena tidak hanya kanker serviks, merokok juga dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker lainnya. Dan pencegahan lainnya apabila Anda yang sudah berpasangan, alangkah lebik baiknya setia dengan pasangan Anda, jangan biasakan melakukan gonta ganti pasangan. 
Nah, itulah sekilas mengenai kanker serviks gejala dan penyebabnya mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, jagalah kesehatan anda dengan maksimal, karena kesehatan merupakan harta yang tak ternilai dan paling berharga, dan terkadang kita tidak menyadari bahwa apa yang menimpa pada diri kita merupakan buah hasil dari apa yang kita lakukan pada masa sebelumnya. Terima kasih

Blog, Updated at: 21.07

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru