Pengertian Intelegensi adalah

Posted by Artikel Pendidikan on 11/01/18

pengertian intelegensi
Pengertian Intelegensi - Definisi Intelegensi atau juga Intelejensi yaitu kemampuan yang dibawa sejak lahir yang memungkinkan seseorang berbuat sesuatu dengan cara tertent. Orang berpikir menggunakan pikirannya atau intelek, cepat atau tidaknya dan terpecahkan atau tidaknya suatu masalah tergantung kepada kemampuan intelegensinya. Dilihat dari intelegensinya, kita dapat mengatakan bahwa seseorang pandai atau juga bodoh, pandai sekali atau cerdas atau pandir atau dungu. William Stern memberikan batasan ntelegensi ialah kesanggupan untuk menyesuaikan diri kepada kebutuhan baru, dengan menggunakan alat-alat berpikir yang sesui dengan tujuannya. 
 
Intelejensi sebagian besar tergantung dengan dasar dan turunan. Pendidikan atau lingkungan tidak begitu berpengaruh kepada tingkat intelegensi seseorang, hal ini juga diperkuat oleh pernyataan dari Prof. Waterunk seorang mahaguru dari Amsterdam menyatakan bahwa berdasarkan penyelidikannya belum dapat dibuktikan bahwa intelegensi dapat diperbaiki atau juga dilatih. Belajar berpikir hanya diartikannya, bahwa banyaknya pengetahuan bertambah akan tetapi tidak berarti bahwa kekuatan berpikir bertambah baik. Dari batasan-batasan yang dikemukakan di atas, dapat kita ketahui bahwa :
 
  • Intelejensi ialah faktor total. Berbagai macam daya jiwa erat bersangkutan di dalamnya (ingatan, fantasi, perasaan, perhatian, minat dan sebagainya turut mempengaruhi intelegensi seseorang)
  • Kita hanya dapat mengetahui intelegensi dari tingkah laku atau perbuatannya yang tampak. Intelejensi hanya dapat kita ketahui dengan cara tidak langsung, melalui kelakuan intelegensinya.
  • Bagi suatu perbuatan intelejensi bukan hanya kemampuan yang dibawa sejak lahir saja yang penting. Faktor-faktor lingkungan dan pendidikan pun memegang peranan..
  • Bahwa manusia itu dalam kehidupannya senantiasi dapat menentukan tujuan-tujuan yang baru, dapat memikirkan dan menggunakan cara-cara untuk mewujudkan dan mencapai tujuan baru.
Faktor-faktor yang mempengaruhi intelegensi seseorang
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi intelejensi, sehingga terdapat perbedaan intelejensi seseorang dengan yang lain ialah :

Pembawaan
Pembawaan ditentukan oleh sifat-sifat dan ciri-ciri yang dibawa sejak lahir. "Batas kesanggupan kita"
yakni dapat atau tidaknya memecahkan suatu soal, pertama-tama ditentukan oleh pembawaan kita. Orang itu ada yang pintar dan juga bodoh, meskipun menerima latihan dan pelajaran yang sama.

Kematangan
Tiap organ dalam tubuh (fisik maupun psikis) manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan, dapat dikatakan telah matang jika ia telah mencapai kesanggupan menjalankan fungsinya masing-masing.

Pembentukan
Ialah segala keadaan diluar diri seseorang yang mempengaruhi perkembangan intelegensinya.

Minat dan pembawaan yang khas
Minat mengarahkan perbuatan kepada suatu tujuan dan merupakan dorongan bagi perbuatan itu. Dalam diri manusia terdapat dorongan-dorongan atau motif yang mendorong manusia manusia untuk untuk berinteraksi dengan dunia luar.

Kebebasan
Kebebasan ini berarti bahwa manusia itu dapat memilih metode-metode yang tertentu dalam memecahkan masalah-masalah. Manusia mempunyai kebebasan memilih metode, juga bebas dalam memilih masalah sesuai dengan kebutuhannya.

Nah, semua faktor tersebut di atas bersangkutan satu sama lainnya untuk menentukan intelejensi seorang anak. Nah, itulah sekilas mengenai pengertian intelegensi mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, sebagai pengetahuan tambahan silahkan baca juga artikel kami sebelumnya yaitu tentang pengertian psikologi pendidikan.

Blog, Updated at: 01.15

0 komentar:

Artikel terpopuler


DMCA.com Protection Status