Cara tes intelegensi Anak

Posted by Artikel Pendidikan on 15/01/18

tes intelegensi
Cara tes intelegensi anak - Intelegensi merupakan kemampuan yang dibawa sejak lahir yang memungkinkan seseorang berbuat sesuatu dengan cara tertentu sebagaimana dalam artikel sebelumnya yaitu tentang pengertian intelegensi. Dapatkah Intelegensi diukur? bagaimana kita dapat menentukan cerdas atau tidaknya seseorang?? salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan tes intelegensi. Orang yang pertama kali menemukan tes intelegensi adalah seorang dokter bangsa Perancis yaitu Alfred Binet dan pembantunya Simon, sehingga tesnya tersebut terkenal dengan nama Tes Binet-Simon.

Tes Binet-Simon in pertama kali diumumkan antara tahun 1908 - 1911 yang diberi nama skala pengukuran kecerdasan. Tes intelegensi ini terdiri dari sekumpulan pertanyaan-pertanyaan yang telah dikelompokkan menurut umur, untuk anak-anak usia 3-15 tahun. Pertanyaan-pertanyaan tersebut sengaja dibuat mengenai segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan pelajaran di sekolah seperti:

- Mengulang kalimat-kalimat yang pendek atau panjang;
- Mengulang deretan angka-angka;
- Memperbandingkan berat timbangan;
- Menceritakan isi gambar-gambar;
- Menyebutkan nama bermacam-macam warna
- Menyebut harga mata uang;
- Dan sebagainya.

Dengan tes intelegensi semacam inilah kecerdasan anak dapat diukur atau ditentukan. Dari hasil tes itu ternyata tidak tentu bahwa usia kecerdasan itu sama dengan usia sebenarnya pada usia kalender. Sehingga dengan demikian kita dapat melihat adanya perbedaan-perbedaan IQ pada setiap orang atau anak. Tes ini kemudian terkenal kemana-mana, tes tersebut banyak digunakan dan kemudian diperbaharui dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan keadaan daerah masing-masing.

Sekarang ini perkembangan tes semacam itu telah demikian majunya, sehingga sekarang terdapat beratus-ratus macam tes, baik yang berupa verbal maupun non-verbal, termasuk di negara kita sudah banyak dipergunakan tes-tes dalam lapangan pendidikan, rekrutmen pegawai, maupun dalam memilih jabatan-jabatan tertentu. Nah, itulah artikel mengenai cara tes intelegensi anak yang penulis kutip dari buku Psikologi pendidikan karangan Drs. M. Ngalim Purwanto, MP mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan bagi pendidik khususnya. Terima kasih

Blog, Updated at: 00.55

0 komentar:

Artikel terpopuler


DMCA.com Protection Status