Pengertian psikologi pendidikan

Posted by Artikel Pendidikan on 08/01/18

pengertian psikologi
Pengertian psikologi pendidikan - Pendidikan merupakan salah satu faktor sentral dalam kehidupan, kemajuan suatu negara itu tentunya ditunjang dengan pendidikan / SDM yang baik dari negara tersebut, dengan pendidikan yang baik  maka akan tercipta perekonomian yang mandiri, kreatif, efisien baca juga artikel kami sebelumnya tentang pentingnya pendidikan. Nah, pada postingan kali ini saya beri judul pengertian / definisi psikologi pendidikan.
 
Pengertian Psikologi
secara etimologis kata psikologi diterjemahkan sebagai ilmu jiwa. kata psikologi berasal dari kata psyche dan logos, psyche berarti Jiwa, roh dan logos berarti ilmu. Psikologi adalah ilmu yang ingin mempelajari manusia. Manusia sebagai suatu kesatuan yang bulat antara jasmani dan rohani. Apa yang hendak diselidiki oleh psikologi ialah segala sesuatu yang dapat memberikan jawaban tentang apa sebenarnya manusia itu, mengapa ia berbuat demikian, apa yang mendorongnya hingga berbuat demikian, dengan artian singkat dapat diartikan bahwa psikologi ialah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia, tingkah laku disini tentunya diartikan secara luas.

Yang dimaksud dengan tingkah laku disini ialah segala kegiatan atau tindakan atau perbuatan manusia yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan, kegiatan manusia yang disadarinya dan tidak disadarinya. Termasuk di dalamnya adalah cara berbicara, cara berjalan, cara berpikir, cara mengambil keputusan, cara melakukan sesuatu, cara bereaksi terhadap sesuatu yang datang dari luar diirinya maupun dari dalam dirinya. Dengan kata lain bagaimana cara manusia atau seseorang berintegrasi dengan dunia luar.

Pengertian Psikologi Pendidikan
Psikologi sangat luas cakupannya, psikologi meliputi hampir semua aspek kepribadian dan tingkah laku manusia, sehingga dengan demikian ternyata pula betapa erat hubungan antara psikologi dengan ilmu-ilmu lain terutama ilmu-ilmu sosial yang mempelajari tentang hidup dan kehidupan manusia. Sepanjang kita masih berpendapat bahwa psikologi adalah suatu ilmu yang berusaha menyelidiki semua aspek kepribadian dan tingkah laku manusia, baik yang bersifat jasmani dan rohani, baik secara individual maupun dalam hubungannya dengan manusia lain atau lingkungannya, mungkin akan dikatakan bahwa psikologi pendidikan itu sebenarnya sudah termasuk ke dalam psikologi dan tidak perlu dipersoalkan atau juga dipisahkan. 
 
Kini para ahli psikologi pendidikan pada umumnya berpendapat bahwa psikologi pendidikan adalah psikologi yang diterapkan di dalam pendidikan. Pendapat sama lainnya diungkapkan oleh Crow & Crow menyatakan bahwa psikologi pendidikan merupakan suatu ilmu yang berusaha menjelaskan masalah-masalah belajar yang dialami individu dari sejak lahir sampai berusia lanjut, terutama yang menyangkut kondisi-kondisi yang mempengaruhi belajar. Pada bagian lain Crow & Crow menjelaskan hubungan antara psikologi, pendidikan, dan psikologi pendidikan, dengan satu kalimat pendek tetapi jelas.
 
Dapat disimpulkan bahwa psikologi pendidikan adalah cabang dari psikologi yang dalam penguraian dan penelitiannya lebih menekankan pada masalah pertumbuhan dan perkembangan anak, baik fisik maupun mental, yang sangat erat hubungannya dengan masalah pendidikan terutama yang mempengaruhi proses dan keberhasilan belajar. 
 
Nah, itulah sekilas mengenai pengertian atau definisi psikologi pendidikan yang bersumber dari bukua Psikologi pendidikan cetakan ke-5 dengan penulis Drs. M. Ngalim Purwanto, MP mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, baik itu untuk bahan makalah atau skripsi. Terima kasih

Blog, Updated at: 03.17

0 komentar:

Artikel terpopuler


DMCA.com Protection Status