Pendekatan Saintifik

Posted by Artikel Pendidikan on 18/01/16

Blog HipniRohman - Definisi Pendekatan Saintifik atau disebut juga pendekatan ilmiah pada kurikulum 2013 menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau permendikbud Nomor 81A tahun 2013 proses pembelajaran saintifik terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu : 

1.  MENGAMATI
Kegiatan belajar pendekatan saintifik yang pertama adalah mengamati. Metode mengamati mengutamakan kebermaknaan proses pembelajaran. Metode ini memiliki keunggulan seperti menyajikan media objek secara nyata, peserta didik senang dan tertantang dan tentunya mudah pelaksanaannya. Pada dasarnya pelaksanaan kegiatan mengamati ini biasanya memerlukan waktu persiapan yang lama dan matang, biaya dan tenaga relatif banyak dan jika tidak terkendali akan mengaburkan makna tujuan pembelajaran. Kegiatan belajar yang dilakukan dalam proses mengamati adalah membaca, mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat).  

2.  MENANYA
Kegiatan belajar pendekatan saintifik yang ke-dua adalah Menanya. Istilah pertanyaan tidak selalu dalam bentuk kalimat tanya, melainkan juga dapat dalam bentuk pernyataan, asalkan keduanya menginginkan tanggapan verbal. Kegiatan belajar menanya dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati. Kompetensi yang dikembangkan adalah mengembangkan kreatifitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

3. MENCOBA (EKSPERIMEN) / MENGUMPULKAN INFORMASI  
Kegiatan belajar pendekatan saintifik yang ke-tiga yaitu Mencoba. Kompetensi yang dikembangkan dalam mengumpulkan informasi / eksperimen adalah mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. Untuk memperoleh hasil belajar yang nyata, peserta didik harus mencoba atau melakukan percobaan, terutama untuk materi atau substansi yang sesuai.

4. MENGASOSIASI / MENGOLAH INFORMASI 
Kegiatan belajar pendekatan saintifik yang ke-empat adalah kegiatan belajar yang dilakukan dalam proses mengasosiasi / mengolah informasi adalah dengan mengolah informasi yang dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan informasi/eksperimen maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi. Pengolahan informasi yang dikumpulkan dari yang bersifat menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan.

5. MENGKOMUNIKASIKAN
Kegiatan belajar dengan pendekatan saintifik yang terakhir adalah kegiatan belajar mengkomunikasikan yaitu menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya. 

Nah, itulah sekilas mengenai pendekatan saintifik yang digunakan pada kurikulum 2013 mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih

Blog, Updated at: 05.17

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru