Definisi / pengertian komputer

Posted by Artikel Pendidikan on 07/01/16

Definisi / pengertian komputer - Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia, bahkan hiburan, kegiatan ekonomi. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.
Secara definisi, komputer dapat diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi di bawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.  Pada dasarnya di dalam sebuah komputer terdapat perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras atau Hardware merupakan peralatan yang berwujud fisik atau peralatan komputer yang dapat dilihat dan diraba dengan menggunakan indera kita. Sedangkan perangkat lunak atau software adalah sekumpulan data-data elektronik yang disimpan serta diatur oleh komputer. Data-data elektronik tersebut dapat berupa program ataupun instruksi yang akan menjalankan berbagai macam perintah. Melalui software inilah suatu komputer mampu untuk dapat menjalankan suatu perintah atau berbagai macam perintah yang dapat dijalankan.

Definisi / Pengertian Komputer Menurut Ahli

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Definisi komputer menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. 
Untuk lebih jelas berikut ini beberapa definisi/pengertian komputer menurut beberapa ahli diantaranya adalah menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. 
Adapun pendapat lainnya menurut William M. Fuori, Komputer merupakan suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). 
Pada dasarnya tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi, sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware (pengguna). 

Pembagian perangkat komputer

Pembagian perangkat komputer secara umum dibagi menjadi tiga kelompok yaitu Input device, proses dan output :
  1. Input Device : Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer. 
  2. Unit Proses: Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU atau Central Processing Unit merupakan bagian terpenting dalam sebuah sistem komputer, dapat dikatakan bahwa CPU merupakan otak dari komputer itu sendiri. Sebuah komputer paling canggih sekalipun tidak akan berarti tanpa adanya CPU yang terpasang di dalamnya. Dalam kesehariannya CPU memiliki tugas utama untuk mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh. CPU sendiri sebenarnya masih terbagi atas beberapa komponen yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu unit pengolahan. 
  3. Output Device : merupakan perangkat keras komputer Output untuk melihat hasil dari input dan pemrosesan data, misalnya: Layar LCD, Monitor CRT, Printer dan Plotter
Nah, itulah sekilas mengenai definisi/pengertian komputer mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca.

Blog, Updated at: 18.12

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru