Definisi kegiatan ekonomi menurut para Ahli

Posted by Artikel Pendidikan on 04/01/16

Blog HipniRohman - Bagi yang sedang mencari artikel pengertian kegiatan ekonomi berikut ini sekilas definisinya menurut beberapa ahli ekonomi. Kegiatan ekonomi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan barang atau jasa tertentu sesuai dengan kebutuhannya. Kegiatan ekonomi ini juga dapat dikatakan sebagai  kegiatan untuk mencapai kesejahteraan dalam hidup. Selain definisi kegiatan ekonomi tersebut, kegiatan ekonomi juga dapat diartikan sebagai cara untuk mendapatkan maupaun untuk mencapai tujuan dalam hal ini barang dan jasa. Jadi dapat dikatakan bahwa kegiatan ekonomi bertujuan untuk kemakmuran hidup individu. Pada dasarnya kegiatan ekonomi ini dapat di kelompokkan menjadi tiga jenis kegiatan yaitu kegiatan produksi, kegiatan distribusi dan kegiatan konsumsi.
 
Kegiatan Produksi
Kelompok pertama dalam kegiatan ekonomi adalah kegiatan produksi. Dalam hal ini kegiatan produksi merupakan suatu kegiatan yang menghasilkan dan menambah nilai guna suatu barang atau jasa, atau bisa juga diartikan sebagai kegiatan untuk menciptakan, mengolah, mengupayakan pelayanan, menghasilkan barang dan jasa atau usaha untuk meningkatkan suatu benda agar lebih berguna dan bermanfaat bagi kebutuhan manusia. Adapun orang (individu) atau badan yang mengolah, menciptakan dan menghasilkan barang atau jasa disebut dengan produsen. 

Kegiatan Distribusi
Kelompok kedua dari kegiatan ekonomi adalah kegiatan distribusi. Kegiatan distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang dari hasil produksi dari tempat penghasil barang (produsen) ketempat pemakai barang (konsumen) dengan cara jual beli. Orang atau lembaga yang menjalankan proses distribusi ini disebut dengan distributor. Adapun tujuan dari kegiatan distribusi ini adalah untuk :
  1. Menyebarluaskan dan mengusahakan pemerataan hasil produksi kepada konsume;
  2. Untuk menjaga kelangsungan hidup kegiatan produksi;
  3. Untuk usaha peningkatan, pengembangan, dan perluasan produksi.
Kegiatan Konsumsi
Kegiatan yang ketiga yaitu kegiatan konsumsi. Kegiatan konsumsi adalah kegiatan memakai, menggunakan, mengurangi, atau menghabiskan nilai guna dari suatu barang atau jasa. Adapun tujuan dari manusia melakukan konsumsi adalah tentunya untuk memperoleh kepuasan yang maksimal dalam memenuhi kebutuhan. Adapun barang – barang yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup disebut sebagai barang konsumsi. Ada banyak sekali contoh dari kegiatan konsumsi seperti kegiatan makan, minum, berpakaian, dan berkendaraan. Dan pada dasarnya barang-barang semacam ini dapat dibedakan menjadi dua macam sebagaimana berikut ini:
  1. Barang yang hanya di pakai sekali langsung habis;
  2. Barang yang dapat dipakai beberapa kali.
Manusia merupakan makhluk ekonomi, dimana dalam kegiatan sehari-harinya tidak bisa dielakan lagi dari kegiatan ekonomi seperti kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Ketiga kegiatan tersebut saling berkaitan, dimana jika salah satu kegiatan tidak berjalan maka akan berpengaruh terhadap yang lainnya. Nah, itulah sekilas mengenai definisi kegiatan ekonomi mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca.

Blog, Updated at: 00.34

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru