Rumus Excel HLOOKUP dan VLOOKUP

Posted by Artikel Pendidikan on 17/11/15

Fungsi Rumus Excel HLOOKUP dan VLOOKUP - Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas beberapa fungsi rumus microsoft excel dasar SUM, rumus dasar Left, Mid, Right dan Rumus Excel Count dan Countif. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dari Rumus Excel HLOOKUP dan VLOOKUP. Pada dasarnya Rumus excel ini jarang digunakan pada pekerjaan pribadi, akan tetapi lebih banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan yang tentunya berkaitan dengan database, baik itu dalam penyelesaian data stok barang ataupun data keuangan dan juga penggajian pegawai.

Rumus Excel HLOOKUP
Fungsi rumus Microsoft Excel HLOOKUP digunakan untuk membaca atau menghasilkan nilai dari suatu tabel secara Horizontal (kanan – kiri). Penggunaan rumusnya adalah =HLOOKUP(nama_kolom;tabel;baris_pencarian). Pada gambar dibawah kita akan mencoba menggunakan rumus excel HLOOKUP yaitu menampilkan besaran jumlah gaji pokok secara otomatis hanya cukup dengan meng-input data golongannya saja. Untuk lebih jelas mengenai fungsi rumus HLOOKUP bisa dilihat pada gambar berikut ini.


Pada sel berwarna merah merupakan sel yang terisi otomatis dengan menggunakan rumus Excel HLOOKUP, sedangkan pada tabel di bawahnya adalah merupakan tabel data acuan untuk menampilkan jumlah gaji pokok sesuai dengan golongan pegawai.

Rumus Excel VLOOKUP
Fungsi rumus Microsoft Excel selanjutnya adalah rumus Excel VLOOKUP. VLOOKUP digunakan untuk membaca atau menghasilkan nilai dari suatu tabel secara Vertikal (bawah – atas). Penggunaan rumusnya adalah =VLOOKUP(nama_kolom;tabel;baris_pencarian). Pada dasarnya penggunaan VLOOKUP dan HLOOKUP hampir sama, yang membedakan hanya terletak pada tabel data saja. Untuk lebih jelas mengenai fungsi rumus VLOOKUP bisa dilihat pada gambar berikut ini.


Pada sel berwarna merah merupakan sel yang terisi otomatis dengan menggunakan rumus Excel VLOOKUP, nominal gaji pokok akan terisi otomatis jika golongannya sudah diinput, sedangkan pada tabel di bawahnya adalah merupakan tabel data acuan untuk menampilkan jumlah gaji pokok sesuai dengan golongan pegawai.  Nah, itulah sekilas mengenai rumus excel HLOOKUP dan VLOOKUP mudah-mudahan bermanfaat, sangat sulit untuk menjelaskan fungsi ini hanya dengan media kalimat, apabila ada yang kurang difahami dalam bahasa penyampaiannya mohon konfirmasi kami dengan mengisi form komentar di bawah.

Blog, Updated at: 02.54

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru