Fungsi Rumus dasar Excel Count, Counta dan Countif

Posted by Artikel Pendidikan on 16/11/15

Fungsi Rumus dasar Excel Count, Counta dan Countif - Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai rumus dasar microsoft excel LEFT, MID dan RIGHT, dan pada artikel lalu juga sudah dibahas pula mengenai fungsi rumus SUM, AVERAGE dan MAX, MIN. Pada Artikel kali ini kita akan membahas fungsi dari rumus Count, Counta dan Countif. Pada dasarnya Aplikasi pengolah angka Microsoft Excel merupakan aplikasi yang banyak sekali membantu kita terutama dalam hal pengolahan angka, apalagi apabila pekerjaan kita berkaitan dengan pengolahan database, otomatis itu akan membuat pekerjaan menjadi rumit, dengan adanya aplikasi microsoft excel ini secara langsung mempermudah pekerjaan kita, semua perhitungan dilakukan dengan otomatis sehingga, kita cukup melakukan perintah rumus untuk melakukan operasi perhitungan. Ok, tidak panjang lebar kita langsung ke TKP membahas bagaimana menggunakan fungsi rumus dasar Excel COUNT, COUNTA dan COUNTIF.

Fungsi Rumus dasar Excel COUNT
Fungsi Rumus dasar Excel COUNT digunakan untuk "menghitung jumlah karakter angka" dalam satu range atau baris maupun kolom sel, maksudnya rumus COUNT ini hanya akan menghitung berapa sel yang berisikan dengan karakter angka, Rumusnya adalah sebagai berikut =COUNT(sel 1, sel 2, dst). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Dari gambar dapat kita simpulkan bahwa rumus COUNT ini tidak akan menghitung karakter yang berisi text, COUNT hanya akan menghitung berapa sel yang berisi dengan angka.

Fungsi Rumus dasar Excel COUNTA
Rumus selanjutnya adalah rumus COUNTA, fungsi Rumus dasar Excel COUNTA hampir sama dengan COUNT yang membedakan COUNTA akan menghitung sel yang berisi dengan karakter text ataupun angka dalam satu range atau baris maupun kolom sel, maksudnya rumus COUNTA ini hanya akan menghitung berapa sel yang berisikan dengan karakter angka, ataupun Text. Rumusnya adalah sebagai berikut =COUNTA(sel 1, sel 2, dst). Untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut ini
 
Dari gambar di bawah dapat disimpulkan bahwa rumus Counta akan menghitung jumlah sel yang berisi dengan karakter, baik itu karakter text ataupun karakter angka.

Fungsi Rumus dasar Excel COUNTIF
Selain rumus COUNT dan COUNTA pembahasan selanjutnya adalah fungsi dari Rumus dasar Excel COUNTIF, rumus ini digunakan untuk menghitung jumlah text yang kita masukan dalam rumus dalam satu range atau baris maupun kolom sel, maksudnya rumus COUNTIF ini akan menghitung berapa sel yang berisikan dengan karakter angka atau text yang kita cari, Rumusnya adalah sebagai berikut =COUNTIF(sel 1, sel 2; "kriteria"). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Contoh kasus dalam menggunakan rumus COUNTIF adalah untuk mengetahui berapa jumlah siswa yang berjenis kelamin laki-laki, dan apabila kita ingin mengetahui berapa jumlah siswa yang berjenis kelamin perempuan, kita tinggal ganti saja "L" dengan "P".  Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai Fungsi Rumus dasar Excel Count, Counta dan Countif mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi pembaca, Apabila dalam artikel Fungsi Rumus dasar Excel Count, Counta dan Countif terdapat kesalahan jangan sungkan silahkan kontak kami dengan mengisi form komentar di bawah.

Blog, Updated at: 04.28

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru