Rumus dasar microsoft excel bag 2

Posted by Artikel Pendidikan on 12/11/15

Rumus dasar microsoft excel bag 2 - Pada dasarnya aplikasi Microsoft Office Excel diperuntukan untuk pengolahan angka, sehingga mau tidak mau kita harus memahami karakter dan perintah rumus yang digunakan bisa menggunakannya dengan mahir. Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai rumus microsoft excel dasar pada bagian pertama, dalam artikel sebelumnya kita membahas tentang fungsi rumus SUM, AVERAGE, MAX dan MIN dan pada artikel ini kita akan membahas masih seputar rumus dasar dalam aplikasi microsoft excel lebih dalam yaitu seputar LEFT, MID dan RIGHT.

Rumus dasar microsoft excel LEFT
Penggunaan rumus LEFT berfungsi untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari sebelah kiri. Rumusnya adalah =LEFT(nama sel, jumlah karakter yang diinginkan). Contoh, kita akan mengambil beberapa karakter pada kolom A agar tampil pada kolom B, untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

 
Rumus dasar microsoft excel MID
Penggunaan rumus MID digunakan untuk pengambilan karakter dimulai dari sebelah tengah, hampir sama dengan fungsi LEFT, yang membedakan adalah karakter yang diambil dimulai dari tengah. Rumusnya adalah =MID(Text; urutan karakter yang akan diambil; jumlah karakter yang akan tampil), untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut.

 
Rumus dasar microsoft excel RIGHT
Pembahasan selanjutnya tentang rumus RIGHT. Penggunaan rumus RIGHT berfungsi untuk mengambil / menampilkan beberapa karakter text dari urutan sebelah kanan. Pada dasarnya hampir sama dengan rumus LEFT, yang membedakan adalah letak pengambilan karakter dari sebelah kanan. Rumusnya adalah =RIGHT(nama sel, jumlah karakter yang diinginkan). Contoh, kita akan mengambil beberapa karakter pada kolom A agar tampil pada kolom B, untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Sekian pembahasan mengenai rumus dasar microsoft excel bagian dua yang membahas mengenai LEFT, MID dan RIGHT, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, dan khusunya bagi saya selaku penulis.

 

Blog, Updated at: 17.58

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru