Rumus Microsoft Excel dasar

Posted by Artikel Pendidikan on 12/11/15

Rumus Microsoft Excel dasar - Dalam dunia bisnis dan perdagangan, pembukuan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Pembukuan diperlukan untuk mengetahui keadaan kondisi barang misalnya dalam bentuk data, sehingga dengan adanya laporan dalam bentuk data akan memudahkan atasan dalam memonitor keadaan stok barang, Pada umumnya pembukuan ataupun laporan data sebagian besar perusahaan menggunakan aplikasi pengolah angka yang yang disebut dengan ms. exel. Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi dari aplikasi Microsoft Office, selain microsoft word, power point dll.  Microsoft excel merupakan aplikasi pengolah angka yang sudah familiar digunakan oleh semua kalangan, sehingga mudah sekali untuk dipelajari  karena di sekolah setingkat SLTP pun sudah diajarkan. 

Dalam menggunakan aplikasi Microsoft Excel kita seringkali dipusingkan dengan berbagai macam rumus dan fungsi, baik itu untuk menjumlahkan, mencari rerata, atau pun lainnya, untuk itu berikut ini saya akan bagi rumus Microsoft Excel dasar yang terkadang kita lupa dan mudah-mudahan ini bermanfaat. Pada dasarnya rumus dasar Microsoft Excel adalah sebagai berikut 
Rumus fungsi untuk penjumlahan yaitu ( + ) contoh rumus =C2+D2
Rumus fungsi untuk pengurangan yaitu ( - ) contoh rumus =C3-D3
Rumus fungsi untuk perkalian yaitu ( * ) contoh rumus =C4*D4
Rumus fungsi untuk pembagian yaitu ( / ) contoh rumus =C5/D5
Untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar di bawah ini

Rumus dasar Microsoft Excel untuk penjumlahan
Maksud dari penjumlahan disini adalah penjumlahan total dari range atau dari beberapa objek angka, cara penulisan rumusnya yaitu dengan menggunakan rumus  =SUM(sel1, sel2,....dst) atau bisa juga dengan cara =SUM(blok angka yang akan dijumlahkan).

Rumus dasar Microsoft Excel untuk mencari Rata-rata
Rumus ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari beberapa range, cara penggunaan fungsinya adalah dengan menggunakan rumus =AVERAGE(sel1, sel2, ....dst) atau bisa juga dengan =AVERAGE(blok angka yang kita cari rata-ratanya).

Rumus dasar Microsoft Excel untuk mencari Nilai terkecil dari beberapa objek
Rumus ini digunakan untuk mencari nilai yang paling kecil dari beberapa objek, cara penulisan rumusnya adalah dengan rumus =MIN(sel1, sel2, ...dst) atau bisa juga dengan =MIN(blok semua angka pada sel yang kita cari nilai terkecilnya)

Rumus dasar Microsoft Excel untuk mencari Nilai tertinggi dari beberapa objek
Rumus ini digunakan untuk mencari nilai yang paling tinggi dari beberapa objek, cara penulisan rumusnya adalah dengan rumus =MAX(sel1, sel2, ...dst) atau bisa juga dengan =MAX(blok semua angka pada sel yang kita cari nilai paling tinggi). Untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar di bawah.

Nah, itulah sekilas mengenai Rumus Microsoft Excel dasar yang umum sekali digunakan pada aplikasi microsoft office excel, baik itu pada Microsoft Offtce Excel versi 2003, 2007, atau pun 2010, pada dasarnya aplikasi tersebut sama saja. Masih banyak sekali rumus dan fungsi yang ada pada ms. excel, yang pada artikel berikutnya akan kita bahas bersama. Terima kasih, bagi yang mau menambahkan silahkan isi komentar di bawah

Blog, Updated at: 00.21

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru