Manfaat dan khasiat pare (paria)

Posted by Artikel Pendidikan on 09/11/15

Manfaat dankhasiat pare (paria) - Tanaman pare atau disebut juga paria ternyata banyak manfaat dan khasiatnya mulai dari daun, akar, biji dan tentu buahnya juga. Daun, akar dan bijinya dapat dimanfaatkan sebagai obat dan buahnya dapat diolah menjadi sayur yang enak. Buah paria memang pahit rasanya, namun dibalik rasanya yang pahit ini justru tersimpan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan kima yang terdapat pada tanaman paria yaitu buahnya mengandung albiminoid, karbohidrat dan zat warna. Daunnya mengandung momordisina, momordina, karantina, resin, dan minyak lemak. Sementara akarnya mengandung asam momordial dan asem oleanolat dan bijinya mengandung saponin, alkaloid, kriterprenoid dan asam momordil.
 
Buah paria atau pare yang muda dapat berguna sebagai tonikum yang berkhasiat untuk membersihkan darah. Di beberapa daerah di Indonesia bagian pucuk paria atau bagian tanaman lainnya yang muda dimanfaatkan sebagai obat luar, terutama untuk obat penyakit kulit. Daun paria dapat dimanfaatkan untuk melancarkan pengeluaran ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Selain itu dapat menyuburkan rambut, meredakan batuk, menghilangkan bekas luka dan dapat mengobati  wasir. Buah paria dapat juga berkhasiat sebagai obat selain diolah menjadi sayur yang enak. Buah paria dapat dikonsumsi untuk mengobati diabetes. Adanya antidiabetes di dalam pare dipercaya mampu menekan resiko diabetes pada anda. Selain itu  kemampuan bioaktif yang terdapat pada biji sayuran pare sehingga mampu mencegah adanya peningkatan gula darah setelah makan.

Selain itu Manfaat dan khasiat pare (paria) juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Manfaat pare untuk diet yaitu dapat membuat cepat kenyang dan juga menurunkan nafsu makan. Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, masukkanlah pare pada daftar konsumsi yang harus dikonsumsi. Untuk yang sedang menjalani program diet disarankan untuk meminum jus pare setiap harinya. Agar tidak terlalu pahit, Anda bisa mencampur dengan madu alami. Manfaat paria juga bisa untuk mengobati berbagai penyakit kanker. 

Pada wanita rentan sekali terhadap beberapa kanker yang membuat ancaman bagi dirinya, kanker serviks sebagai pembunuh nomber satu disusul oleh kanker payudara diperingkat selanjutnya, sehingga penting untuk anda dalam menangkal sel kanker. Pare mempunyai kemampuan untuk menangkal sel kanker dengan kandungan zat lesichin yang ternyata bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan dan menangkal sel kanker di tubuh anda. Menurut data yang diperoleh dari direktorat gizi departemen kesehatan republik indonesia, kandungan vitamin C buah paria yang mentah ialah 52 mg/100 gram buah paria yang dimakan. Dalam setiap 100 gram buah paria mentah yang dimakan mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, mineral (kalsium, fosfor dan ferrum) kandungan vitamin A, B1, B2 dan C.

Nah, itulah sekilas mengenai manfaat dan khasiat pare (paria) mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, barangkali masih banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari buah paria (pare) hanya saja terkadang kita tidak menyadari apa manfaat dan khasiat pare (paria).

Blog, Updated at: 00.22

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru