Manfaat daun sirsak

Posted by Artikel Pendidikan on 10/11/15

Manfaat daun sirsak - Daun sirsak atau disebut juga nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) merupakan tumbuhan berguna, di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa, nangka walanda, sirsak, nangka buris, nangkelan, srikaya jawa, boh lôna, durio ulondro, durian betawi, serta jambu landa. Tanaman sirsak ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.
 
Tanaman sirsak ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi hingga 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Banyak sekali manfaat daun sirsak yang bisa kita ambil, daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.

Manfaat daun sirsak yang pertama dari buah sirsak yang menawarkan berbagai kandungan positif bagi kesehatan manusia, mulai dari buahnya, daunnya, bahkan pohonnya. Telah banyak diketahui bahwa buah sirsak banyak mengandung vitamin C, kandungan serat dan nutrisi penting lainnya banyak terkandung dalam buah yang banyak ditemui di negara Tropis ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai pohon sirsak yang banyak. Tapi ternyata pemanfaatannya hanya sebatas pada buahnya saja, ini karena kurangnya pengetahuan tetang manfaat daun sirsak. Selain itu manfaat daun sirsak disebut-sebut memiliki kekuatan 100 kali kemoterapi untuk melawan kanker. Caranya, ambil 10 lembar daun sirsak yg tua direbus dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas, minum 2 kali setiap hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini dapat digunakan sebagai kemoterapi bahkan lebih berkasiat karena hanya membunuh sel sel yang tumbuh tidak normal dan membiarkan sel yang tumbuh normal.

Daun sirsak ternyata mengandung banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, dan untuk menjaga kondisi tubuh. Dibalik manfaatnya tersebut ternyata tak lepas dari kandungannya yang banyak mengandung senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Masih banyak sekali manfaat daun sirsak yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita, tapi sekilas artikel mengenai manfaat daun sirsak ini mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi pembaca.

Blog, Updated at: 05.01

1 komentar:

anita mengatakan...

kemampuan sirsak sebgai tanaman obat memang sudah terbukti secara klinis, sehingga tidak perlu diragukan lagi akan khasiatnya

Pengikut

Artikel terpopuler


DMCA.com Protection Status