Manfaat makan sayuran

Posted by Artikel Pendidikan on 08/11/15

Manfaat makan sayuran - Dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, tubuh kita memerlukan makanan sebagai sumber tenaga. Namun sebenarnya tubuh kita memerlukan zat-zat lainnya seperti mineral, protein dan vitamin salah satunya adalah sayuran, banyak sekali manfaat makan sayuran terhadap kesehatan tubuh kita. Sayuran banyak mengandung vitamin, terutama vitamin C, selain itu sayuran juga mengandung fosfor, besi, vitamin A, Vitamin B, zat tepung dan zat putih telur nabati. Kandungan Serat yang terdapat pada sayuran sangat berguna bagi saluran pencernaan kita. Di rahang mulut pun serat itu sangat berperan penting. Serat sayuran menjaga agar mudah dapat buang air besar, karena serat memberikan rangsangan kepada dinding usus, dibantu oleh zat-zat asam sayuran, sehingga manfaat makan sayuran ini sangat penting sekali.

Banyak serat pada sayuran tergantung kepada usia sayuran itu dan kepada jenisnya. Sayuran yang kurang mengandung serat misalnya daun bayam, kembang kol, dan wortel muda. Sayuran seperti itu diberikan kepada yang membutuhkan susunan makanan atau diet yang mengandung sedikit serat, seperti bagi penderita penyakit lambung kantong empedu misalnya. Sayuran merupakan sumber vitamin C. Dalam mengolah dan mempersiapkan sayuran sebagai hidangan, kita harus berusaha keras agar vitamin dan mineral serta zat-zat lain yang dikandungnya tidak hilang begitu saja, akan tetapi benar-benar dapat dimanfaatkan oleh tubuh kita.


Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita akan mengolah sayuran agar kandungan gizinya tetap terjaga, apabila kita ingin mengambil manfaat makan sayuran secara maksimal untuk gizi tubuh kita.

  • Agar manfaat makan sayuran bisa maksimal, pilihlah sayuran yang besar. Hal ini terutama berlaku  bagi jenis sayuran yang terdiri dari bagian tanaman berupa daun, seperti misalnya bayam, kangkung, sawi, daun singkong dan sebagainya. Daun sayuran yang dibelinya hendaknya segar karena kadar vitamin C pada sayuran layu telah berkurang.
  • Selain itu apabila membersihkan sayuran, jangan terlalu banyak bagian yang dibuang.
  • Selanjutnya agar manfaat konsumsi sayuran lebih optimal, masaklah sayuran dengan air secukupnya saja. Bila kemudian air bekas merebus sayuran tidak dipakai lagi atau dibuang usahakanlah agar air yang dipergunakan untuk merebus itu sesedikit mungkin.
  • Usahakan sayuran jangan dibiarkan terlalu mendidih tanpa batas waktu karena nilai gizi yang terkandung pada sayuran akan berkurang.
  • Biasakanlah makan sayuran dalam keadaan mentah dengan syarat dicuci dahulu dengan bersih, serat sayuran yang dibutuhkan badan kita banyak terdapat dalam sayuran mentah vitamin dan mineral masih utuh.
Nah itulah artikel sekilas mengenai manfaat makan sayuran mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, yang jelas pada dasarnya manfaat dari sayuran sangat banyak sekali bagi tubuh kita, selain alami dengan konsumsi sayuran rutin maka tubuh kita akan terjaga dari berbagai penyakit. 

Blog, Updated at: 04.38

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru