Fungsi Rumus IF pada Excel

Posted by Artikel Pendidikan on 19/11/15

Fungsi Rumus IF pada Excel - Setelah pada artikel sebelumnya kita sudah membahas fungsi rumus microsoft excel dasar, pada pembahasan kali ini kita akan belajar rumus Excel IF. Rumus IF pada Excel merupakan rumus yang umum sekali digunakan, apabila kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, IF pengertiannya adalah JIKA. Rumus IF pada Excel digunakan untuk mengecek suatu kondisi apabila kondisi terpenuhi maka fungsi akan mengambil suatu nilai, dan begitupun sebaliknya apabila kondisi tersebut tidak terpenuhi maka akan diambil nilai yang lain. Sebelum memahami lebih jauh mengenai fungsi logika IF, maka kita terlebih dahulu harus memahami dahulu yang disebut dengan Operator Relasi. Operator relasi merupakan operator untuk membandingkan dua atau lebih data dalam satu sell. Jika benar maka nilainya 1 dan jika salah maka nilainya 0. Berikut ini jenis-jenis operator relasi yang harus diketahui.
1.  =  (sama dengan)
2.  > (lebih besar)
3.  >= (lebih besar sama dengan)
4.  < (lebih kecil)
5.  <= (lebih kecil sama dengan)
6.  <> (tidak sama dengan)
7.  AND, OR dan NOT
Setelah kita memahami dari operator relasi di atas, Sekarang saatnya kita membahas Fungsi Logika IF, yang kegunaan dari rumus ini adalah untuk mendefinisikan / mengisi suatu Sell berdasarkan Sell yang lain atau kriteria tertentu, adapun rumusnya adalah.
=IF(logical Test; Value if true; Value if false)
Untuk lebih jelas silahkan lihat contoh penggunaan rumus IF pada Excel sederhana di bawah ini.


Dari gambar di atas dapat kita lihat kolom KET yang berwarna merah merupakan kolom yang mengunakan rumus IF, pada kolom keterangan akan terisi otomatis dengan logika apabila nilai siswa lebih besar sama dengan 60 maka keterangan siswa tersebut adalah "Lulus" dan apabila nilainya kurang dari 60 maka Remedial. Adapun penggunaan rumusnya adalah sebagai berikut 
=IF(D5>=60;"Lulus";"Remedial")
Selain dengan fungsi di atas, kita juga bisa menambahkan beberapa rumus IF, maksudnya adalah kita bisa untuk menentukan data dengan menggunakan dua kriteria tes. Contohnya kita bisa menambahkan dengan tiga keterangan yaitu Lulus, Remedial dan Mengulang.

=IF(D6>=60;"LULUS";IF(D6>=40;"REMEDIAL";IF(D6<40;"MENGULANG"))) 

Dari rumus di atas dapat diartikan bahwa, Jika nilai siswa lebih besar atau sama dengan 60, maka siswa tersebut LULUS, dan jika nilai siswa lebih besar atau sama dengan 40 maka siswa REMEDIAL dan Jika nilai siswa dibawah 40 maka siswa MENGULANG. Nah, itulah sekilas mengenai fungsi rumus IF pada Excel mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, untuk mengingatkan kembali baca juga artikel kami sebelumnya yaitu tentang Rumus Excel HLOOKUP dan VLOOKUP atau baca juga rumus COUNT dan COUNTA Terima kasih

Blog, Updated at: 04.30

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru