Cara menghitung umur di Ms. Excel

Posted by Artikel Pendidikan on 23/11/15

Cara menghitung umur di Ms. Excel - Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana menggunakan rumus IF atau disebut juga rumus jika pada aplikasi pengolah angka Microsoft Office Excel. Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan membahas fungsi bagaimana cara menghitung umur / usia seseorang dengan hanya cukup menginput tanggal lahirnya saja, karena terkadang kita membutuhkan cara termudah dan efisien dalam mengetahui usia dari data yang kita miliki, Nah, untuk itu langsung saja kita pada pembahasan kali ini yaitu cara menghitung umur di Ms. Excel cukup sederhana cara input fungsi rumusnya, yaitu dengan rumus 
=DATEDIF(sel tgl lahir; sel tgl bln hari ini;"Y")
Keterangan : DATEDIF merupakan formula perintah yang kita gunakan untuk menghitung umur / usia secara otomatis, sedangkan sel tgl lahir merupakan sel yang berisi dengan data tanggal lahir contohnya 15/02/2000, dan yang dimaksud dengan sel tgl bln hari ini adalah sel yang berisi dengan TMT tanggal yang akan kita jadikan perhitungan misalnya tanggal sekarang saya buat artikel Cara menghitung umur di Ms. Excel, 23/11/2015 dan yang terakhir adalah "Y" maksudnya adalah Year (tahun), ini menandakan yang kita cari atau tampilkan adalah tahun/usia seseorang, kita juga bisa mengganti atau tambahkan dengan "YM" untuk menampilkan jmlah bulan atau bisa juga ditambahkan lagi "MD" (hari), jadi dengan rumus ini kita bisa mengetahui dengan detail usia, bulan dan hari seseorang. Untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Pada gambar diatas pada baris nama Andi R saya menggunakan tiga rumus yaitu
1. Rumus fungsi untuk mencari umur dalam bentuk tahun rumusnya =DATEDIF(D3;B9;"Y")
2. Rumus fungsi untuk mencari umur dalam bentuk bulan rumusnya =DATEDIF(D3;B9;"YM")
3. Rumus fungsi untuk mencari umur dalam bentuk hari rumusnya =DATEDIF(D3;B9;"DM")

Selain dengan formula rumus di atas, kita juga bisa memodifikasinya dengan menggunakan rumus lainnya, yaitu dengan mengganti sel TMT dengan rumus "TODAY()" dapat diartikan dengan waktu hari ini, dan tambahan karakter text tahun untuk lebih jelas rumusnya seperti dibawah ini :
=DATEDIF(D13;TODAY();"Y")&" Tahun"
Atau apabila ingin lebih detail, bisa juga dikombinasikan dengan jumlah bulan dan hari dengan rumus
 =DATEDIF(D21;TODAY();"Y")&" Tahun, " &DATEDIF(D21;TODAY();"YM")&" Bulan, "&DATEDIF(D21;TODAY();"MD")&" Hari"
 Untuk lebih jelas Cara menghitung umur di Ms. Excel dengan beberapa kombinasi formula bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Nah, itulah sekilas artikel pembahasan mengenai Cara menghitung umur di Ms. Excel mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, bagi yang sudah mahir dalam fungsi excel mungkin bisa dikombinasikan lagi dengan formula lain yang tentunya lebih bikin pusing dari ini, terima kasih

Blog, Updated at: 03.48

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru