Sejarah Internet (Interconnected Network)

Posted by Artikel Pendidikan on 25/10/15

Sejarah Internet (Interconnected Network) Materi dasar mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP kelas IX. Pada awal perkembangan Internet yaitu sekitar tahun 1969 Lembaga Pentagon USA yang bernama Advanced Research Project Agency (ARPA) awalnya membuat sebuah jaringan yang digunakan untuk keperluan penelitian. Jaringan itu dinamakan Advanced Research Project Agency Network (ARPANet). Dalam sejarah internet ARPANet menghubungkan pusat penelitian departemen pertahanan dengan pusat-pusat penelitian di universitas-universitas amerika serikat. 
Tujuannya adalah menghadapi kemungkinan terjadinya serangan nuklir karena sifat jaringan internet tidak mudah dilumpuhkan hanya dengan merusak satu titik pusat layanan. Apabila satu titik diserang maka sistem jaringan tetap dapat berfungsi.
Sejarah perkembangan intenet ini berlanjut pada tahun 1984 ARPANet dibagi menjadi dua yaitu MILNet dan ARPANet. Dalam sejarah internet MILNet ditujukan untuk kebutuhan militer dan ARPANet yaitu untuk menyokong riset atau penelitian. Pada tahun 1986 internet mulai dipergunakan secara nyata dan meluas untuk kalangan umum. Penggunaan internet ternyata berkembang dengan pesat. Hampir setiap lembaga yang ada didunia membuat jaringan internet untuk kebutuhan transfer data dan sarana komunikasi. Seiring dengan perkembangan pada tahun 1991 Nation Research and Education Network membuat jaringan baru yang dinamakan NREN. Jaringan ini bertujuan untuk mengadakan riset jaringan berkecepatan tinggi.
Sejarah perkembangan internet yang pesat terasa pada Abad ke-20 yang merupakan abad informasi. Hal ini bisa kita rasakan dari jasa layanan yang ada saat ini, sebagian besar jasa layanan berupaya menyajikan sistem informasi yang bersifat global, cepat dan akurat. Tidak hanya online, tetapi juga realtime serta mudah dalam melakukan perluasan. Suatu hal yang perlu diperhatikan dalam menyikapi teknologi informasi adalah tidak sekedar alih teknologi yang telah dikembangkan, tetapi juga pembentukan budaya baru dalam memanfaatkan teknologi informasi.
Sejarah internet telah membuat sejarah baru dalam hidup ini, Peralihan budaya lama menuju budaya baru ini juga dikembangkan sejalan dengan perkembangan teknologinya. Di Indonesia jaringan internet mulai dikembangkan pada tahun 1983 di Universitas Indonesia berupa UINet oleh Dr. Joseph F.P. Luhukay. Ketika itu ia baru menamatkan program doktor filosofi Ilmu Komputer di Amerika serikat. Jairngan dibangun selama empat tahun. Pada tahun yang sama Luhukay juga mulai mengembangkan University Network (Uninet) di lingkungan departemen pendidikan dan kebudayaan. Uninet merupakan jaringan komputer dengan jangkauan lebih luas dan meliputi Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Hasanudin, dan Ditjen Dikti.
Sejarah perkembangan internet yang begitu cepat menjadikan teknologi berkembang dengan pesat, sekarang berbagai instansi, baik pemerintah ataupun swasta sudah saling terhubung lewat internet. Nah, itulah sekilas mengenai sejarah internet mudah-mudahan bisa bermanfaat, materi sejarah internet ini penulis kutip dari materi bahan ajar TIK kelas IX.

Blog, Updated at: 16.58

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru