Cara backup / restore aplikasi dapodik

Posted by Artikel Pendidikan on 26/10/15

Cara backup / restore aplikasi dapodik - Pendataan Data Pokok Pendidikan Dasar pada tahun ajaran 2015/2016 akan dikawal oleh dapodik versi baru dari Aplikasi Dapodikdas.  Aplikasi Dapodikdas baru menyajikan pengalaman menggunakan aplikasi yang segar dan baru. Aplikasi Dapodikdas meluncurkan versi 4.0. dan dengan pembaruan lagi yaitu versi 4.0.2 dengan gaya dan tampilan baru. Fitur koordinat lokasi, validasi, dan tambah  peserta didik  di  versi  ini  disajikan  dengan  berbeda  untuk  menghadirkan  pengalaman  menggunakan aplikasi yang lebih baik. Dalam menu registrasi peserta didik ditambahkan kolom baru untuk kebutuhan Ujian Nasional. Proses mutasi peserta didik serta tambah peserta didik tingkat SMP mengalami pemutakhiran, dimana Aplikasi Dapodikdas akan didukung  pula oleh fasilitas mutasi/tambah baru peserta didik secara online melalui website dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. 

Pada dasarnya kehadiran dapodik baru ini tidak jauh berbeda dengan versi dapodik sebelumnya, hanya ada perbedaan sedikit fitur saja, untuk itu agar data yang dihasilkan objektif, perlu juga dibarengi dengan kehadiran operator yang handal pula yang mampu menggunakan aplikasi dapodik ini dengan baik. Untuk memudahkan para ops dalam memindahkan / menyimpan data dapodik agar tidak hilang berikut ini penulis share cara mudah backup dan restore aplikasi dapodik 2015.
Sebetulnya ada cara yang sangat mudah dalam memindahkan atau menyimpan data dapodik yaitu dengan menggunakan aplikasi helper, akan tetapi penulis rasa aplikasi itu sangat rentan dengan virus sehingga sangat beresiko sekali dengan validitas data yang akan kita kirim, jadi penulis sarankan lebih baik menggunakan cara alami atau tradisional yaitu dengan meng copy - paste data dapodik secara manual saja seperti berikut ini karena lebih aman.
Sebelum beraksi memindahkan atau menyimpan data dapodik yang pertama sekali adalah keluar dulu dari aplikasi dapodik anda atau logout, selanjutnya yaitu masuk ke menu start di windows anda kemudian ketik RUN di form pencarian aplikasi, untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut ini 

Langkah selanjutnya dalam cara memindahkan dan menyimpan data dapodik anda adalah setelah perintah run terbuka ketikkan perintah service.msc seperti gambar di bawah ini

Langkah selanjutnya dalam cara backup / restore aplikasi dapodik ini adalah dengan masuk ke laman service.msc kita akan men-disable (stop) dahulu aplikasi dapodik agar bisa dipindahkan seluruhnya, cari bagian DapodikdasDB dan DapodikdasWebSrv pada tab service.msc seperti gambar di bawah, kemudian klik dapodikdasDB kemudian klik menu STOP, selanjutnya klik lagi dapodikdasWebSrv kemudian klik STOP juga.


Selanjutnya setelah langkah ini selesai langkah selanjutnya dalam Cara backup / restore aplikasi dapodik atau lebih sederhanaya cara menyimpan atau memindahkan data dapodik adalah dengan langsung meng-copy langsung folder dapodik anda di komputer yaitu dengan cara masuk ke Windows exsplorer (drive system) kemudian pilih program files pilih folder dapodikdas kemudian cukup copy folder database dan dataweb saja paste di flashdisk atau pada drive tempat menyimpan, tunggu beberapa saat karena proses copy paste ini akan memakan waktu yang agak lama.
Setelah proses copy-paste selesai atau data backup sudah disimpan di tempat aman, langkah selanjutnya adalah kembali ke laman service.msc yang pada langkah pertama kita buka, kemudian dapodikdasDB kemudian klik Start, selanjutnya klik juga dapodikdasWebSrv kemudian klik start juga, dan langkah yang terakhir dalam Cara backup / restore aplikasi dapodik atau lebih sederhanaya cara menyimpan atau memindahkan data dapodik adalah dengan cara instal aplikasi dapodik pada komputer baru anda seperti biasa kemudian setelah beres paste-kan folder database dan dataweb hasil copy tadi ke folder dapodikdas.
Nah, itulah tutorial Cara backup / restore aplikasi dapodik atau lebih sederhanaya cara menyimpan atau memindahkan data dapodik mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat.

Blog, Updated at: 16.53

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru