Definisi manjemen menurut beberapa ahli

Posted by Artikel Pendidikan on 23/04/11

Postingan kali ini saya share beberapa pendapat ahli ekonomi tentang pengertian atau definisi dari manajemen. Istilah Manajemen merupakan terjemaahan bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman. Berbagai istilah yang dipergunakan, seperti ketatalaksanaan, manajemen, managemen dan pengurusan. Untuk menghindari penafsiran yang berbeda-beda, maka dalam penelitian ini penulis menggunakan istilah aslinya yaitu manajemen.

Bila kita mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga pengertian, yakni : pertama, manajemen sebagai suatu proses, kedua, manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen dan ketiga, sebagai suatu seni ( Art ) dan sebagai suatu ilmu (M. Manulang, 2003;h.1).

Selanjutnya pengertian manajemen menurut Haiman yang dikutip oleh M. Manulang (2003;h.1) dikatakan bahwa manajemen adalah : “Fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama”.

Menurut M. Manulang (2003;h.5) dikatakan bahwa manajemen adalah: “Seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah di tetapkan”.

Menurut Pandji Anoraga (2000;h.110) : “Manajemen adalah persoalan mencapai suatu tujuan tertentu dengan suatu kelompok orang”. Dan menurut Ahmad Tohardi (2002;h.15), mengatakan bahwa : “Manajemen adalah ilmu dan seni dalam mengatur tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dengan melakukan kerjasama dengan orang lain”.

Pendapat-pendapat tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa pada prinsipnya mempunyai tujuan yang sama yaitu guna meningkatkan efektivitas dan produktivitas kerja secara efektif dan efisien. Sehingga terdapat tiga fungsi pokok dalam definisi-definisi tersebut di atas, yaitu pertama, adanya tujuan yang ingin dicapai, kedua, tujuan dicapai dengan menggunakan kegiatan orang lain, dan ketiga, kegiatan-kegiatan orang lain tersebut harus dibmbng dan di awasi. Dengan kata lain bahwa dengan segenap orang yang melakukan aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajemen.
Ok mungkin hanya itu yang dapat saya tulis, terima kasih atas kunjungannya bagi rekan yang ingin menambahkan silahkan isi komentar di bawah...

Blog, Updated at: 06.17

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru