Pengertian disiplin kerja pegawai

Posted by Artikel Pendidikan on 14/02/11

Pengertian disiplin kerja. Halo sobat terkadang kita tidak sadar bahwa disiplin merupakan salah satu faktor kesuksesan seseorang, dengan disiplin yang baik hasil kerja pun akan lebih baik pula, dengan hasil kerja yang baik (output)  maka akan seiring dengan input yang juga akan baik bagi kita.

Berhasil tidaknya sebuah organisasi tergantung pada baik buruknya suatu pekerjaan yang dilaksanakan oleh para pegawai, sedangkan agar dapat melaksanakan tujuannya dengan baik dan benar, maka para pegawai harus disiplin dalam pekerjaannya.

Dalam usaha meningkatkan disiplin kerja pegawai maka perlu adanya keseimbangan antara gaji dan jabatan agar dapat menjalankan tugasnya berjalan dengan lancar, sehingga dapat menguntungkan pegawai itu sendiri dan juga organisasi yang bersangkutan, untuk mendapatkan hasil yang demikian maka dibutuhkan adanya pegawai yang penuh dedikasi, disiplin dan sadar akan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Berikut dikemukakan tentang pengertian disiplin kerja menurut beberapa ahli :

Menurut Keith Devis (dalam Anwar Prabu Mangkunegara, 2001 : hal129)
“Dicipline is management action to enforce organization standards, yaitu sebagai pelaksana manajemen yang digunakan untuk memperteguh pedoman-pedoman organisasi”.

Menurut AS. Homby dkk. dalam buku Gauzali Saydam, (1995;h.198)
Disiplin adalah pelatihan khususnya adalah pelatihan pikiran dan sikap untuk menghasilkan pengendalian diri kebiasaan-kebiasaan untuk menaati peraturan yang berlaku”.

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia Gauzali Saydam, (1995;h.198)
Disiplin adalah (a) tata tertib (di sekolah, di kantor, dan sebagainya), (b) ketaatan atau kepatuhan kepada peraturan tata tertib dan sebagainya, (c) bidang studi yang mempunyai objek sistem dan metode tertentu”.

Dari pengertian di atas apabila dikaitkan dengan kegiatan-kegiatan organisasi maka fasilitas yang ada saja tidak mencukupi apabila tidak dibarengi dengan kecakapan, kemampuan, pengetahuan dan kemampuan pegawai itu sendiri dalam melaksanakan tugas organisasi. 

Oke sobat demikian beberapa pengertian disiplin kerja yang dapat saya rangkum dari beberapa sumber dan untuk lebih jelasnya silahkan download filenya klik di sini


Blog, Updated at: 22.28

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru