Pengertian Kurikulum

Posted by Artikel Pendidikan on 03/11/15

Pengertian Kurikulum (definisi) - Kurikulum dikenal sebagai suatu istilah dalam dunia pendidikan sejak kurang lebih satu abad yang lampau. Di negara kita Indonesia istilah “kurikulum” boleh dikatakan baru menjadi populer sejak tahun 50-an, yang dipopulerkan oleh mereka yang memproleh pendidikan di Amerika Serikat kini istilah itu telah dikenal orang di luar pendidikan. Sebelumnya yang lazim digunakan ialah “rencana pelajaran”. Pada hakikatnya kurikulum sama artinya dengan rencana pelajaran. Penggunaan kurikulum sangat besar sekali pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa, untuk itu biasanya pemerintah secara langsung menentukan kurikulum apa yang akan digunakan di suatu negara. Berbagai pendapat tentang Pengertian kurikulum diutarakan oleh para ahli seperti Hilda Taba dalam bukunya “Curriculum Development, Theory and Practice” mengartikan sebagai “A plan for learning”, yakni sesuatu yang direncanakan untuk pelajaran anak. 
 
Selain itu berikut ini beberapa pendapat para ahli pendidikan mengenai pengertian kurikulum atau disebut juga definisi kurikulum, Menurut J. Galeh Saylor dan William M. Alexander dalam buku Curriculum Planning for Better Teaching and Learning (1956) Pengertian kurikulum adalah segala usaha sekolah untuk mempengaruhi anak belajar, apakah dalam ruangan kelas, di halaman sekolah atau di luar sekolah. Kurikulum juga meliputi apa yang disebut kegiatan ekstra-kurikuler. 

Sedangkan pendapat lainnya mengenai definisi kurikulum diutarakan oleh B. Othanel Smith, W.O. Stanly dan J. Harlan Shores, memandang kurikulum sebagai sejumlah pengalaman yang secara potensial dapat diberikan kepada anak dan pemuda, agar mereka dapat berfikir dan berbuat sesuai dengan masyarakat. Selain itu menurut J. Lloyd dan Delmas F. Miller dalam buku Secondary School Imrovement (1973) mengemukakan bahwa dalam kurikulum juga termasuk metode mengajar dan belajar, cara mengevaluasi murid dan seluruh program, perubahan tenaga mengajar, bimbingan dan penyuluhan, supervisi dan administrasi dan hal hal struktural mengenai waktu jumlah ruangan serta kemungkinan memilih mata pelajaran. 
 
Pada dasarnya salah satu fungsi kurikulum ialah sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan, pada dasarnya kurikulum memiliki komponen pokok dan komponen penunjang yang saling berkaitan dan berinteraksi satu sama lainnya dalam rangka mencapai tujuan tersebut. Komponen merupakan satu sistem dari berbagai komponen yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya, sebab kalau satu komponen saja tidak ada atau tidak berjalan sebagaimana mestinya. Itulah sekilas mengenai beberapa pendapat para ahli pendidikan mengenai pengertian kurikulum, masih banyak sekali beberapa pendapat dari definisi kurikulum tapi mudah-mudahan dari sekilas artikel diatas sudah bisa menjadi gambaran mengenai pengertian kurikulum, mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi blog kami,

Blog, Updated at: 05.09

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru