Cara update wordpress secara manual

Posted by Artikel Pendidikan on 01/09/12

Cara update wordpress secara manual - Ada dua cara update wordpress, cara yang pertama secara otomatis yaitu hanya dengan meng-klik tombol update pada mesin wordpress, maka proses updating wordpress akan berjalan tetpi cara ini terkadang mendapat kendala baik yang disebabkan oleh server ataupun oleh jaringan internet yang tidak stabil sehingga proses update secara otomatis cenderung gagal, nah, sebagai alterntif kita menggunakan cara kedua yaitu update wordpress secara manual melalui cpanel, berikut langkah-langkahnya:

Langkah pertama update wordpress manual

Langkah pertama cara update wordpress manual adalah backup dahulu data anda melalui cpanel khawatir ada kekeliruan dalam proses update wordpress secara manual ini, kemudian silahkan download file wordpress terbarunya di www.wordpress.org/download, setelah file wordpress berhasil di download kemudian ekstrak file tersebut kemudian hapus folder wp-content nya selanjutnya compress kembali ke file zip dan simpan.

Langkah kedua update wordpress manual 

Langkah selanjutnya cara update wordpress manual adalah silahkan masuk ke cpanel hosting anda, kemudian pilih file manager selanjutnya pilih  public (masuk ke folder subdomain jika wordpress anda adalah subdomain), Hapus folder dan file wordpress anda pada pada cpanel seperti index.php, wp-atom.php dll, kecuali wp-content dan wp-config jangan dihapus seperti tampilan berikut ini.

 

Langkah ketiga update wordpress manual  

Langkah terakhir cara update wordpress manual yaitu dengan upload file hasil download wordpress (file format zip) baru kita yang sudah kita modifikasi sebelumnya (tanpa file wp-content), dengan cara klik tombol upload pada cpanel, tunggu beberapa menit hingga proses upload selesai, setelah proses upload selesai silahkan ekstrak file hasil upload tersebut dengan cara klik kanan kemudian ekstrak.

 

Setelah proses ekstrak selesai silahkan coba akses wordpess anda karena proses update wordpress secara manual sudah selesai, Nah, demikian tutorial bagaimana cara update wordpress secara manual mudah-mudahan bermanfaat bagi para blogger.

Blog, Updated at: 18.44

3 komentar:

herbal store mengatakan...

Makasih tutorialnya,, by. Herbal store

Jefry mengatakan...

terpaksa karena di hostingan saya tidak ada autoinstall wp jadinya harus melakukannya secara manual
terima kasih ulasannya, sungguh membantu..

Nodade mengatakan...

Walaupun artikel ini sudah cukup lama, tapi tips dalam artikel ini cukup berguna. Selama ini saya belum pernah mengupdate wordpress secara manual, biasanya lewat softaculous atau dari dashboard WP. Mungkin suatu saat saya bisa mencoba cara ini sebagai tambahan pengalaman. Terima kasih telah berbagi. Salam kenal

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru