Cara merubah permalink wordpress agar seo friendly

Posted by Artikel Pendidikan on 22/08/11

Cara setting permalink supaya seo friendly.  Permalink adalah couple permanen yang spesifik dari suatu posting dari blog atau forum. Dalam suatu URL (Uniform Resource Locator) sebuah alamat/lokasi pada internet tidak akan pernah sama antara satu dengan lainnya. Permalink adalah suatu perangkat tambahan untuk URL artikel anda yang digunakan agar URL lebih search engine friendly atau lebih disukai oleh search engine. Permalink ini pun menjadi salah satu syarat agar blog kita bagus jika dilihat dari segi SEO-nya. Permalink wordpress default atau bawaan dari wordpress menurut saya kurang baik untuk search engine, berikut contoh permalink standar dari wordpress.

"http://hipnirohman.com/?p=153"

Permalink wordpress yang anda lihat diatas sangat tidak user friendly dan search engine friendly, coba anda bandingkan dengan permalink dibawah ini :


Permalink wordpress diatas lebih mudah dibaca, baik oleh user maupun oleh search engine.

Cara Setting Permalink WordPress

Untuk merubah URL anda menjadi URL yang readable, silahkan login ke dashboard kemudian masuk ke Settings >> Permalinks lalu edit sesuai gambar di bawah ini.


Untuk merubah permalink pilih Custom strukture dan isi seperti di bawah ini :
"/%category%/%postname%"
Fungsi dari /%category%/ adalah untuk menampilkan category dari sebuah artikel sedangkan %postname% untuk menampilkan judul dari artikel.

Contoh :
"http://hipnirohman.com/kategori/judul-artikel"

Apabila anda ingin menampilkan URL lebih pendek dan tidak menampilkan category, silahkan rubah / isi settingan custom strukture-nya menjadi :

" /%postname% "
Ok! demikian tutorial mengenai cara merubah permalink wordpress semoga bermanfaat !!

Blog, Updated at: 22.10

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru