Artikel pengertian Sumber Daya Manusia

Posted by Artikel Pendidikan on 05/09/10

Kali ini saya posting beberapa pendapat para ahli ekonomi terkait dengan pengertian sumber daya manusia. Sumber daya manusia dalam sebuah organisasi perlu dikelola secara profesional agar terwujud keseimbangan antara kebutuhan pegawai dengan tuntutan dan kemampuan organisasi perusahaan. Keseimbangan tersebut merupakan kunci utama perusahaan agar dapat berkembang secara produktif dan wajar. (Mangkunegara 2004 : 1).

Manajemen sumber daya manusia sangat penting bagi perusahaan dalam mengelola, mengatur dan memanfaatkan pegawai sehingga dapat berfungsi secara produktif untuk tercapainya tujuan perusahaan. Beberapa definisi manajemen sumber daya manusia atau manajemen personalia menurut beberapa ahli :
Menurut Mangkunegara (2004:2) pengertian sumber daya manusia :
Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Kemudian menurut T. Hani Handoko (2000:4) :
Manajemen sumber daya manusia adalah penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai baik tujuan-tujuan individu maupun tujuan organisasi.

Kemudian menurut Malayu S.P Hasibuan (2001:10) :
Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.

Selanjutnya Edwin B. Flippo (Personel Manajemen, 1980:5) mengatakan:
" Personnel manajemen is the planning, organizing, directing and controlling of the procurement, development, compensation, integration, maintenance, and separation of human resources to the end that individual, organizational and societal objectives are accomplished" .

(Manajemen personalia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemberhentian karyawan, dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan, individu, karyawan, dan masyarakat.)


Blog, Updated at: 03.02

0 komentar:

Sponsorship

Toko Gamis

Artikel terpopuler

Artikel Terbaru